Cara service laptop acer aspire - Jumadi

Sharing Bisnis Online,Belajar SEO,Belajar Internet Marketing

Minggu, 08 Juli 2012

Cara service laptop acer aspire

laptop acer aspire one 3620
Cara service laptop acer aspire 3620 dengan kasus mati total.
Kali ini saya mendapat kepercayaan untuk memperbaiki sebuah laptop aspire one
Sebelum melakukan langkah service, seperti biasanya saya menanayakan kepada pemilik laptop aspire one.
Menurut si pemilik, laptop ini sudah pernah dibawa ke service center acer, dan divonis kerusakan pada motherboard, sehingga harus ganti dengan yang baru ,tentunya hal ini memakan biaya yang mahal dan tidak sebanding dengan nilai barangnya yang sudah jadul(model lama). akhirny sang pemilik membawa pulang laptop terseut dan di percayakan kepada saya.

Gejala Awal dan langkah perbaikan
1.Pada saat dibuka dan ditekan tombol Power > Tidak ada tanda-tanda kehidupan/Matot.
2.Di Charge...Tunggu ya ..Kan di Charge dulu..(Ngopi..Rokok dulu..).
3.Setelah di Charge dirasa cukup..Tdkan tombol power..Nah baru nyala
4.Scan hardware pada saat boot tidak sampai finish...lamma`aaa
5.Coba bongkar Ram,HDD,DVD Rom
-Bersihkan Pakai kuas,Karet penghapus untuk Ram.
-Ganti ram dengan keping lainnya
(Pasang kembali,hal ini dimaksudkan untuk RE-Connections dari kotor debu,baud yang longgar Dll).
6.Tekan tombol Power, dalam hal ini scan hardware bisa sampai finish meskipun agak lama juga,dan jangan lupa masuk bios untuk setting  pertama booting dari DVD/CD.
7.Waduh...ternyata HDD gak ada di BIOS..kemanakah gerangan SI-HDD..
-Hal ini berulangkali setiap dinyalakan kadang semua hardware terdetect,dan terkadang pula DVD rom menghilang atau si HDD  yang menghilang.
Karena asumsi kuat dan terbawa arus si pemilik laptop bahwa Motherboard-nya perlu diganti,maka saya pun dengan gak rela harus coba analisa si-MB,hal ini pun setelah dipandu dengan manual booknya disini DOWNLOAD,dibutuhkan ketelitian dalam bongkar pasang laptop karena barangnya kecil-kecil dan hati hati part-nya tercecer (Masukan dan simpan part di tempat khusus).
Dari hasil shootingtrouble MB saya optimis bahwa  kerusakan bukanlah dari Hardware apalagi harus ganti MB..ya sama saja dengan membeli Laptop baru sejenis.Rugi atuh..
Dari sekian langkah diatas yang saya lakukan,kemudian laptop tersebut  dikembalikan seperti semula dan BImSalaBIM....laptop bisa Hidup dan bisa masuk Bios dengan semua Hardware normal terbaca,
8.Mulai dengan meng-instal OS... sampai finish dan di isi dengan software pendukung standard,yang dalam hal ini saya  vonis laptop tersebut sudah sehat..tunggu TES DRIVE oleh anak-ku tercinta.
Dan dengan tidak menunggu satu hari laptop tersebut ternyata tidak bisa Nyala kembali dengan gejala sama seperti semula....MATOT.
Dari sinilah awal mula teringat langkah terakhir yang meskipun beresiko akan tetapi harus dicoba meskipun harus mempersiapkan driver pendukung yang saya dapatkan disini DOWNLOAD atau bisa anda dapatkan di situs resmi ACER INDONESIA disini DOWNLOAD,silakan anda cari di driver dan downloads kemudian masukan data laptop untuk mendapatkan versi driver terbaru.
9.Langkah terakhir yang saya lakukan bagaimana supaya laptop bisa boot lagi secara normal dan hardware terdetect semua sehingga bisa di Instal OS lagi.
Dan ternyata bisa,dengan tidak menyia-nyiakan waktu langsung saya instal UPDATE DRIVER BIOS yang sudah menjadi langkah terakhir dan beresiko.
Hal ini saya lakukan instal di windows meskipun masih ada cara yang lain melalui CD booting ataupun Flopydisk...dan setelah restart  ternyata BERHASIL.
Kesimpulan : Laptop normal kembali dengan Update Driver Bios 
Inilah pengalaman pribadi saya,yang sengaja ditulis se-detail mungkin karena kita maklumi bahwa perbaikan sesuatu barang tidaklah semudah yang kita bayangkan,harus melalui tahapan-tahapan yang kadang-kadang harus menyita waktu lama tergantung jenis kerusakan dan pengalaman,apalagi dikerjakan secara manual yang tidak dilengkapi tester khusus.
Akhirnya langkah langkah Cara service laptop acer aspire 3620 berhasil
Sampai saat ini laptop dalam keadaan sehat wal afiat/normal,karena kebetulan si pemilik barang tersebut adalah keponakan saya sendiri dan karena mungkin  sudah memiliki laptop pengganti yang lebih bagus maka barang tersebut dengan ikhlas diberikan kepada saya..Thank..my Brothers.
Demikian,kalau ada cara lain yang mau di share silakan masukan di sini,saran dan masukan saya harapkan,Terimakasih.
Wassalamualaikum Warrohmatuloh Wabarokatuh

Lihat Panduan Lengkap service Laptop dan netbook

Pengalaman berharga dari : http://mawarnada.blogspot.com

1 comments:

Anonim mengatakan...

suatu hal yg biasa,...........

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar tidak boleh membuat spam

http://jumadistmik.blogspot.com/Bisnis Online | Belajar SEO | Belajar Internet Marketing -Jumadi-Blogger